Rabu, 20 Juli 2022

SOSIALISASI PENERAPAN PENDAFTARAN RAWAT JALAN ONLINE MELALUI APLIKASI DAFTARINAJA

SOSIALISASI PENERAPAN PENDAFTARAN RAWAT JALAN ONLINE

MELALUI APLIKASI DAFTARINAJA SECARA LURING DAN DURING

HOSPITALIA RSUPM Dr. MOHAMMAD HOESIN PALEMBANG

 

Hari ini Rabu 20 juli 2022 bertempat di Aula lantai dua Gedung utama RSMH Palembang berlangsung Sosialisasi Penerapan Pendaftaran Rawat Jalan Online melalui Aplikasi Daftarinaja Secara Luring Dan During untuk  seluruh Hospitalia RSUP Dr. Mohammad Hoesin Palembang, dibuka langsung oleh Plt. Direktur Utama dr. Msy. Rita Dewi Mustika S, Sp.A (K), MARS didampingi Plt. Direktur Pelayanan Medik Keperawatan dan Penunjang dr. Marta Hendry, Sp.U ( K ), MARS. Dalam sambutan dan materi yang disampaikan dr. Rita menyambut baik adanya Program Digitalisasi Layanan Prima dengan Progres layanan  SIKUPAS ( Sistim Informasi Kunjungan Pasien ) 
antara lain dengan aplikasi daftarinaja. Pendaftaran Rawat Jalan Online (DAFTARIN AJA) berlaku sejak 10 Juni 2022, Pendaftaran Rawat Jalan Online dapat diakses melalui website: apk.rsmh.co.id/daftarinaja.

       Daftarinaja Menggunakan teknologi informasi

  1. Memangkas birokrasi (pelayanan satu pintu)
  2. Membantu percepatan pelayanan
  3. Mempunyai manfaat efektif dan efisien
  4. Pasien tidak membawa berkas dan tidak perlu photo copy Bebas calo
  5. Pasien datang HARUS sesuai jam layanan
  6. Mengurangi kemacetan parkIr dan penumpukan pasien di public hall Lt. I

Plt. Direktur utama menyampaikan bahwa aplikasi daftarin aja merupakan transformasi  sistem Kesehatan yaitu  komitmen Kementerian Kesehatan untuk melakukan transformasi system Kesehatan yang terdiri dari 6 pilar yang salah satunya transformasi tehnologi Kesehatan contohnya Aplikasi daftarinaja. Adapun Syarat dan ketentuan daftarinaja antala lain :

  • Pasien lama (saat ini) Pasien lama adalah pasien yang pernah berobat (mempunyai nomor rekam medik).
  • Pendaftaran Online dapat dilakukan 5 (lima) hari sebelum dan paling lambat 2 (dua) hari pukul 14.00 WIB sebelum jadwal berobat.
  • Perbaikan berkas dilakukan paling lambat 2 (dua) hari sebelum jadwal berobat pukul 14.00 WIB.
  • Pendaftaran Online dapat diakses untuk pasien dengan jaminan umum atau bayar sendiri dan jaminan BPJS Kesehatan.
  • Pasien dengan jaminan BPJS kesehatan harus kepesertaan aktif dan wajib mengupload dokumen sesuai jenis kunjungannya.
  • Pasien hanya dapat mendaftar 1 (satu) kali pada hari yang sama.

 

Selanjutnya ALUR DAFTARINAJA antara lain :

 

1.     Pendaftaran online dibuka H-5 sampai H-2 sebelum pelayanan

2.     Pasien harus mengisi data KTP dan kartu BPJS yg benar

3.     Pasien bisa menentukan tgl berapa akan datang

4.   Terdapat 3 pilihan yaitu:

a)    Kontrol baru à upload SURAT RUJUKAN

b)    Kontrol rutin à RUJUKAN LAMA YG BERLAKU $ SURAT KONTROL

c)     Kontrol Setelah Rawat Inap à RESUME MEDIS

              5. Petugas  MR melakukan validasi data dan dokumen,
                   a) apabila data pasien dinyatakan tidak valid/ sdh valid à notifikasi WA,
                    6. Pada hari kunjungan à Check – in dengan aplikasi SIKUPAS (Sistem Kunjungan Pasien). Akses
                        check-in 30 menit sebelum jam pelayanan
                    7. Check-in ini bertujuan à mencetakan SEP dan SJP oleh petugas sesuai lantai poliklinik.
                    8. Pasien  check-in ànotifikasi ke Whatsapp berisi nama poli dan lokasi poliklinik
                    9. Pasien dapat langsung menuju poliklinik tujuan tanpa perlu mengantri.
                    10. SEP dan SJP akan langsung dicetak oleh petugas dan diantarkan ke poli
                    11. PASIEN SAMA SEKALI TIDAK MEMBAWA BERKAS DAN MENGANTRI MENUNGGU BERKAS DI
                          PUBLIC HALL

 

PROGRES (DAFTARIN AJA)

  1. Kebijakan Pendaftaran Online Daftarinaja No: HK.02.03/XVII.4/996/2022 (2 Juni 2022)
  1. Quota pasien pendaftaran online 10 orang per jam/poliklinik
  2. Tgl 20 Juli pasien rawat jalan lama wajib online
  3. 1 bulan ke depan : pasien baru poliklinik umum, GE, Kemoterapi, HD dll
  4. Promosi penggunaan pendaftaran online DAFTARINAJA telah dilakukan baik melalui Banner, promosi media sosial, promosi interaktif di taman edukasi RSMH maupun melalui video youtube RSMH.
  5. Pengiriman surat pemberitahuan dan alur DAFTARINAJA à RS, Dinas Kesehatan, Pemda se- Sumsel

 

WAKTU PELAYANAN:

Poli Umum Reguler

        Senin s.d. Kamis                                  07.30 s.d. 15.30 WIB

       Jum'at                                                   07.30 s.d. 16.30 WIB

       Sabtu, Minggu dan Hari Besar                Tutup

 

Pelayanan rawat jalan sesuai dengan jadwal praktek dokter didalam jam kerja pelayanan.

Diakhir sambutannya plt. Direktur utama menghimbau dan mengharapkan kepada seluruh hospitalia RSMH untuk dapat melaksanakan Aplikasi ini dengan sebaik – baiknya, dan dapat menyampaikan informasi ini kepada masyarakat eksternal RSMH, sehingga progress dari digitalisasi layanan Prima di RSMH dapat terlaksana dan terwujut dengan baik sebagaimana yang kita harapkan, pungkasnya. 

 

 

Anie Gumay@dok HukormasJuli 2022#PPIDRSMH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar